GELIAT WISATA BLORA KIAN TERASA - SAMBONGREJO BER-SK DESA WISATA

INDES-BUDAYA-GELIAT WISATA BLORA KIAN TERASA - SAMBONGREJO BER-SK DESA WISATA

BLORA, Bukan hanya Loko Tour Cepu, Wana Wisata Kedungpupur, Wisata Geologi Sumur Tua Minyak, Wana Wisata Gubug Payung Sambong milik PERHUTANI saja yang ditata ulang. Sebelumnya taman edupark Cepu milik PPSDM MIGAS CEPU juga telah ditata menggandeng pihak ketiga. Kini, Desa Sambongrejo-pun akan lebih memaksimalkan Desa Wisata mereka. 

Terungkap pada acara Musrenbangdes di Balai Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong, Kepala Desa Wahono Heru Prayitno SE mengatakan, "Desa Sambongrejo telah mendapatkan SK sebagai Desa Wisata. Prioritas pembangunan untuk tahun 2021 adalah pembangunan yang memaksimalkan potensi Desa Sambongrejo sebagai Desa Wisata."

Kepada INDES, Heru menyampaikan, "Melalui BUMDES, Desa Sambongrejo akan membangun Resto Tengah Sawah. Sebuah resto di puncak bukit sebelah tenggara Balai Desa sambongrejo dengan pemandangan persawahan tradisional yang instagramable, cocok untuk selfie. Untuk pengelolaannya BUMDES akan menggandeng Komunitas Adat Samin Sedulur Sikep."

Tahun depan, lanjut Heru, Desa Sambongrejo, paling tidak, sudah mempunyai beberapa titik tujuan wisata, yaitu Pendopo Samin sedulur Sikep, Resto Tengah Sawah, dan Pemandian Alam yang terkolaborasi dengan Kebun Buah. Untuk point terakhir, masih dalam rintisan.

INDES-BUDAYA-GELIAT WISATA BLORA KIAN TERASA - SAMBONGREJO BER-SK DESA WISATA 01

Dukungan Stakeholding

Program Desa Wisata Sambongrejo yang disampaikan pada acara Musrenbangdes ini segera mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yang hadir. Camat Sambong Nunik Sulistiyo H SSos. melalui Kasi Pemerintahan Drs Sukirno mengatakan, pihaknya sangat mendukung rencana Pemerintahan Desa Sambongrejo. 

Selain menyatakan dukungan, Camat Sambong melalui Kasi Pemerintahan juga mensosialisasikan Peraturan Bupati No 55 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Sementara itu, Supono dari UPTD Pertanian Sambong memperihatinkan masalah hama tikus di beberapa dukuhan di Sambongrejo. Pihaknya akan mengusahakan hewan predator pemangsa tikus berupa burung hantu atau 'kokokbeluk' beserta 'pagupon' atau rumah-rumahnya. Dan akan diletakkan di areal persawahan. Selain bermanfaat, adanya pagupon kokokbeluk ini akan menambah indah suasana areal persawahan yang mendukung program Desa Wisata Sambongrejo.

Dukungan juga hadir dari Danramil Sambong Lettu Lukman Hakim yang diwakili Pelda Rahtama, juga dari Kapolsek Sambong Iptu Yatmo yang diwakili Aipda Gunadi. Tidak hanya itu, perwakilan UPTD Puskesmas Sambong, UPTD Pendidikan, UPTD DindaldukKB Sambong dan seluruh hadirin. Acara Musrenbangdes digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (HR)