KARANG TARUNA BLORA NGLURUG BANDUNGAN

 

INDES-SOSIAL-KARANG TARUNA BLORA NGLURUG BANDUNGAN

Bupati Blora, Djoko Nugroho berharap, Karang Taruna nantinya bisa berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat di desanya masing-masing dengan membentuk kegiatan yang bermanfaat. Utamanya untuk para pemudanya seperti pembentukan desa wisata yang dikelola karang taruna.

Hal itu disampaikan dalam arahannya kepada Karang Taruna Blora di Pendopo Rumah Dinasnya sebelum dilepas mengikuti kegiatan pengembangan kapasitas (Capacity Building) ke Bandungan, Kabupaten Semarang, Sabtu (17/10/2020) siang.

“Kami berharap Karang Taruna nantinya bisa berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat di desanya masing-masing dengan membentuk kegiatan yang bermanfaat. Utamanya untuk para pemudanya. Contohnya pembentukan desa wisata yang dikelola karang taruna,” ucap Bupati.


Peran Karang Taruna

Selanjutnya, Bupati berpesan agar seluruh Karang Taruna Desa bisa menjadi agen sosialisasi pentingnya hidup sehat dan melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka bersama-sama mencegah penularan Covid-19 yang saat ini sedang melanda Indonesia. 

Karang Taruna Kabupaten Blora mengikuti kegiatan pengembangan kapasitas (Capacity Building) Tahun 2020 yang difasilitasi Dinsos P3A Blora. Hadir pada acara pemberangkatan itu Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Ketua Karang Taruna Kabupaten Blora, Achlif Nugroho Widi Utomo.


Diikuti 31 Peserta

Di tempat yang sama, Kepala Dinsos P3A, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si, menyampaikan bahwa acara ini diikuti oleh 31 peserta yang merupakan perwakilan desa-desa.

“Memang belum semua. Sementara ini yang berangkat adalah para pengurus karang taruna desa yang sudah kelihatan aktifnya sehingga kita beri reward untuk kegiatan capacity building," terangnya.

Selama dua hari, 17-18 Oktober 2020 seluruh peserta akan menerima materi tentang kemandirian, kewirausahaan, kerjasama, keorganisasian dan lainnya.

Menurut Indah, setelah kegiatan ini akan dilaksanakan juga untuk Karang Taruna lainnya namun pelaksanaannya di Kabupaten Blora. Direncanakan sekitar akhir bulan Oktober 2020. (Rome)