KETUA KARANG TARUNA BLORA - PEMUDA HARUS BERPOLITIK

 

INDES-SOSIAL-KETUA KARANG TARUNA BLORA - PEMUDA HARUS BERPOLITIK

Blora, Bertepatan pada Hari Sumpah Pemuda (28/10/2020) Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Blora, Achlif Nugroho mengatakan, "Kalau pemuda seperti Anda semua takut berpolitik, gak ono Indonesia merdeka jaman biyen." Kalimat itu diucapkan dalam pidatonya di depan 154 peserta Pembinaan Karang Taruna Desa se-Kabupaten Blora di Hotel Arra Cepu. 

Pada kesempatan itu Achlif mengemukakan gagasan untuk waktu mendatang, di sela Pembinaan Karang Taruna juga diselipkan Pembinaan Sekolah Politik bagi para anggota Karang Taruna, dengan tujuan agar setiap anggota Karang Taruna tahu dan dapat membedakan kategori politik. 

"Jangan dikesankan politik itu hanyalah politik praktis, Indonesia bisa merdeka karena politik internasional. Ora perang tok. Tanpa ada campur tangan politik internasional, Indonesia belum merdeka," ungkap Achlif. 

Pembinaan Keorganisasian

Dikatakan pula oleh Achlif Nugroho Widi Utomo, S.Kom, M.Kom, bahwa Pembinaan Keorganisasian yang digelar sekaligus untuk membangkitkan jiwa semangat Sumpah Pemuda.

"Moment Sumpah Pemuda jangan jadikan Sampah Pemuda. Kalau kita bangga menjadi pemuda yang berkarakter, kita harus membangun mindset bersama-sama untuk dapat mewarnai pembangunan mulai dari skala desa," lanjut Anggota Dewan yang biasa dipanggil dengan U'ut ini. 

Menurut U'ut, orang yang suka mencela tidak akan dapat menjadi pemimpin di negeri ini. Pemuda sebagai calon pemimpin yang akan datang harus dapat memberikan kontribusi, solusi maupun masukan yang positif kepada pemerintahan desa untuk membangun desa masing-masing. Hal itu dikarenakan Karang Taruna merupakan bagian dari lembaga Desa. 

Sinergi Dengan Desa

Setiap Karang Taruna Desa diharap mampu dan mau bersinergi dengan Pemerintah Desa membangun jiwa setiap anggota Karang Taruna, membangun Desa dan, "Membangun Kabupaten kita bersama, mewujudkan semangat pemuda yang berkarya, semangat pemuda yang berjaya," turut U'ut.

Kegiatan bertajuk, "Pembinaan Karang Taruna Desa se-Kabupaten Blora dalam rangka Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Tahun 2020" ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Blora. Menggunakan dana bersumber dari APBD Kabupaten Blora.  

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Sosial P3A Dra Indah Purwaningsih, MSi mewakili Bupati Blora, Sekretaris Dinas Sosial P3A Ir Teddy Rindaryo Widodo selaku Ketua Panitia, dan menghadirkan motivator dari lingkungan Kementerian Sosial Drs Prih Hantoyo, MPA. (ME-02)