PERAJIN BLORA TETAP BERKARYA DI TENGAH CORONA

 

INDES-EKONOMI-PERAJIN BLORA TETAP BERKARYA DI TENGAH CORONA

Blora, Tetap berkarya di tengah pandemi Covid-19, dilakukan Paryanto, warga RT 03/RW 1 Dukuh Ketangar, Kelurahan Karangjati, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Aneka kerajinan berbahan kayu dikerjakan di rumah dan dipasarkan secara online.

“Pada awal pandemi tidak boleh aktivitas banyak keluar rumah, akhirnya saya mempunyai inisiatif, memanfaatkan limbah kayu untuk membuat kerajinan, alhamdulilah, laku terjual secara online,” kata Paryanto, Senin (12/10/2020). 


Pasarkan Via Online

Ia mengaku langkah pemasaran secara online dibantu oleh anaknya, sehingga menembus pasaran seperti di Yogyakarta dan sejumlah kabupaten lainnya di Jawa Tengah.

“Jadi saya yang buat, dibantu pemasaran secara online sama anak saya. Kebetulan anak saya di Yogyakarta. Akhirnya bisa laku terjual dan dipesan. Bahannya dari kayu jati dan mahoni,” ungkapnya. 

Berbagai kerajinan kayu seperti  talenan, cangkir, piring, sendok nasi, garpu, nampan nasi, mangkuk, teko dan centong nasi dikerjakannya sendiri dari rumah hingga menjadi produk kerajinan yang menawan dan memikat. 

“Harganya relatif  terjangkau di masa pandemi ini,” ucapnya. 


Kerajinan Dari Kayu

Menurutnya, selain untuk pajangan di rumah, kerajinan yang dibuatnya bisa digunakan langsung untuk wadah makanan, minum dan mengiris bumbu dapur.   

“Saya maknai, ini berkah di masa pandemi. Bersyukur bisa menambah penghasilan,” ujarnya.  

Hasil kerajinan buatan Paryanto dipajang di salah satu ruang di rumahnya.

“Bagus dan menarik, sangat mengapresiaisi,” kata Kasiyanto, salah seorang warga Kecamatan Blora, peminat kerajinan berbahan kayu. (Rome)