REKAPITULASI KPUD BLORA, PASANGAN ARTYS UNGGUL 59,71%

 

     Rekapitulasi penghitungan suara KPUD Blora


SERGAPNEWS  -  Rekapitulasi perolehan suara Pilkada Kabupaten Blora yang telah digelar pada Selasa (15/12/2020) kemarin di aula Kantor KPUD Blora, Pasangan Arif Rohman- Tri Yuli Setyowati  ( Artys ), unggul jauh di atas dua kompetitornya. Pasangan Artys meraih total 318.380 suara atau 59,71 persen. 

Sementara dua Paslon lainnya, Umi Kulsum - Agus Sugiyanto (Umat) meraih 199.646 suara atau 37,44 persen, sedangkan Paslon Dwi Astutiningsih - Riza Yudha meraih 15.187 suara atau 2,85 persen. 

Ketua KPUD Blora, M Khamdun mengatakan, Hasil Penghitungan suara tingkat Kabupaten tidak beda jauh dari hasil Sirekap KPU. 

"Ya hasil penghitungan manual kita memang tetap Artys Menang. Tidak beda dengan Sirekap KPU yang bisa diakses publik," kata Khamdun

Rekapitulasi suara sendiri dilakukan KPU secara manual karena sistem Sirekap sedang bermasalah. Dari jumlah DPT 542.482 tingkat partisipasi pemilih mencapai 77,47 persen. Angka ini masih dibawah target nasional sebesar 77,5 persen. 

" Ya memang sejak awal kita prediksi tingkat partisipasi diatas 72 persen, tapi ini justru melebihi, tapi masih Kurang sedikit dari target nasional sebesar 77,5 persen," ungkapnya 

Dengan selesainya rekapitulasi ini, KPU akan segera melakukan penetapan terhadap Paslon pemilih. Namun penetapan dilakukan menunggu register dari Mahkamah Konstitusi. 

"Selama tiga hari ke depan kita tunggu register dari MK, apakah ada sengketa politik apa tidak. Setelah register  turun baru nanti kita jadwalkan untuk dilakukan penetapan calon terpilih," jelas Khamdun. 

Salah satu saksi dari pasangan Artys yang tidak mau di sebut namanya, yang mengikuti rapat pleno penghitungan suara mengatakan bahwa, dari awal mengetahui perolehan suara Artys dari hitung cepat sudah yakin kalau rekapitulasi suara di KPU tidak akan jauh berbeda.

"Dari awal saya sudah yakin, perhitungan di KPU tidak akan jauh beda dengan hitung cepat ". Katanya. 
( Harti ).